17 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Posted by Khasiat Jitu

Kurma adalah satu buah budidaya tertua dan telah menjadi bagian dari makanan pokok di negara-negara Timur Tengah dan buah ini banyak di ekspor ke negara lainnya, misalnya Indonesia.

Apalagi masuk Bulan Ramadan, maka buah kurma banyak sekali dijual dipasar modern maupun pasar Tradisional.

Banyak yang meyakini bahwa dahulu tanaman kurma ini berasal dari suatu tempat di sekitar Teluk Persia. 



17 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Kita
PIXABAY


Buah kurma khas adalah buah dimana bagian luarnya berdaging mengelilingi cangkang endocarp yang mengeras yang terdiri dari biji di dalamnya. 

Buah ini berbentuk oval hingga berbentuk silindris dan panjangnya sekitar 3 cm. Buah mentah berwarna kuning cerah atau merah. Saat masak, buah ini menjadi coklat dan layu.

Ada beberapa varietas kurma yang dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok berdasarkan kandungan gulany, yaitu – buah yang lembut, semi kering dan kering. Semua varietas kurma sama dalam segala hal kecuali sedikit perbedaan dalam rasa dan ukuran saja.

Kurma dapat dikonsumsi dalam bentuk segar dan kering. Buah kurma ini manis dengan rasa yang kaya dan teksturnya sedikit kenyal. 

Buah kurma ini bisa dibuat manisan, dan bisa ditambahkan ke berbagai resep masakan.Buah ini biasa digunakan dalam beberapa resep di Timur Tengah seperti kurma, roti gandum, ma'amoul dan lain-lain.

Selain rasanya yang kaya manfaat, buah kurma ini bisa menjadi pembangkit tenaga, apalagi buat Umat Islam yang berbuka puasa pada bulan suci Ramadhan, maka akan bisa menjaga kesehatan selama berpuasa.


Nilai Gizi Buah Kurma 


Kurma adalah pusat nutrisi yang terdiri dari vitamin, mineral dan serat makanan tapi tidak ada natrium sama sekali. 

Kurma mengandung kalori tinggi dengan 100 gram daging kurma yang menyediakan hingga 314 kalori.

Kurma rendah protein dan lemak tapi tinggi gula, yang terutama terdiri dari fruktosa dan glukosa. Biji biji memiliki kadar lemak lebih tinggi (9 gram / 100 gram) dan protein (5,1 gram / 100 gram) dibandingkan dengan daging.

Kurma adalah sumber vitamin A moderat dengan 100 gram yang menyediakan 149 Unit Internasional (IU) vitamin ini. 

Mereka juga mengandung vitamin B kompleks seperti piridoksin (vitamin B6), niasin, asam pantotenat dan riboflavin serta vitamin K.

Kurma merupakan sumber mineral yang kaya seperti selenium, tembaga, potasium, magnesium, mangan, kalsium dan besi. 

Buah ini mengandung jumlah kalium berlimpah dengan 100 gram porsi yang menyediakan 696 mg atau 16% dari kadar elektrolit yang direkomendasikan setiap hari. 

Buah ini juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik, menyediakan 0,90 mg dalam 100 gram porsi yang merupakan 11% dari asupan harian yang direkomendasikan.




Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh :


1. Mengobati Penyakit Anemia

Mengkonsumsi buah kurma secara rutin bisa mencegah dan mengobati penyakit anemia.

Anemia adalah dimana jumlah sel darah merah yang sangat rendah dalam tubuh manusia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Sedangkan kurma mengandung zat besi yang cukup banyak yang bisa menjadi obat ampuh dalam  mengatasi kekurangan zat besi. 

Konsumsi kurma secara teratur bisa sangat meningkatkan jumlah zat besi dalam darah.

Tingginya kadar zat besi tidak hanya menyeimbangkan kekurangan zat besi yang melekat pada penderita anemia tetapi juga meningkatkan kekuatan dan vitalitas.


2. Mengatasi Sembelit

Kurma adalah makanan pencahar yang luar biasa disaat kita mengalami sembelit. Hal ini membuat buah kurma ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita sembelit.

Buah ini kaya akan serat larut, yang berperan penting dalam mempromosikan pergerakan usus sehat dan bagian makanan yang nyaman melalui saluran pencernaan. 

Yang perlu kita lakukan adalah merendam buah kurma dalam air semalam. Makanlah buah kurma basah ini besok pagi seperti sirup untuk mendapatkan hasil terbaik.

Atau juga bisa langsung kita makan tanpa harus merendamnya, namun hasilnya akan lebih baik kalau kita rendam terlebih dahulu.


3. Mengatasi Diare

Terjadinya diare bisa disebabkan oleh beberapa factor, walau penyakit ini tidaklah menular.

Buah Kurma masak sangat efektif dalam mengobati diare karena mengandung potassium.Potassium ini sangat membantu dalam mengatasi masalah pencernaan, misalnya diare. 

Buah ini mudah dicerna sehingga bisa membantu dalam mengurangi diare kronis. Serat larut dalam kurma juga menyediakan sebagian besar gerakan usus dan meningkatkan fungsi sistem ekskresi sehat.


4. Mengobati  Alergi

Buah Kurma selain bisa mencegah dan mengobati penyakit diatas  juga bisa untuk mengobati alergi.

Kurma mengandung belerang organik, yang jarang ditemukan pada  lain. Sulfur organik memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk pengurangan reaksi alergi dan alergi musiman.

Senyawa sulfur organik bermanfaat bagi orang-orang yang menderita Rhinitis Alergi Musiman (SAR). Buah Kurma adalah pilihan  terbaik sebagai sumber belerang makanan dan mencegah alergi.


5. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi secara teratur buah kurma membantu menjaga kesehatan mata dan juga mencegah penyakit seperti kebutaan malam hari. 

Kandungan Vitamin A  yang terdapat pada Buah Kurma inilah yang sangat mendukung kesehatan mata kita.


6. Dapat Meningkatkan Berat Badan

Jika Anda kekurangan berat badan, buah kurma adalah  pilihan tepat b uat anda, karena sebagai sumber gula, protein dan banyak vitamin penting. 

Mengkonsumsi kurma dengan mentimun membantu menjaga berat badan sehat normal tanpa menyebabkan kekurangan gizi.

Namun Jika Anda kurus dan langsing, Anda bisa makan kurma untuk menambah berat badan dan membangun otot.
Jika dikonsumsi secera rutin maka, lambat laun akan membuat berat badan Anda menjadi Naik.


7. Dapat meningkatkan Stamina 

Kurma merupakan afrodisiak alami. Penelitian yang pasti menunjukkan bahwa kurma bermanfaat dalam meningkatkan stamina seksual.

Jika  sejumlah kurma bisa direndam dalam susu kambing semalam dan kemudian ditumbuk dalam susu yang sama dengan bubuk kapulaga dan madu. 

Ini akan bertindak sebagai tonik yang efektif untuk meningkatkan daya tahan seksual dan mengurangi sterilitas.

Buah kurma mengandung kadar estradiol dan flavonoid tinggi, yang dapat meningkatkan jumlah sperma dan motilitas.


8. Menjaga Kesehatan Gigi

Buah kurma juga bisa menjaga Kesehatan Gigi kita.
Kurma mengandung fluor, unsur kimia penting yang menghambat kerusakan gigi dengan menghilangkan plak serta memperkuat enamel gigi. 

Email gigi terdiri dari hidroksipatit yang menjadi tahan terhadap kerusakan gigi saat berhubungan dengan fluorin.
Terus masih malas mengkonsumsi buag kurma ?


9. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Buah kurma juga menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan ibu hamil. 

Buah Kurma kaya akan zat besi, kurma mencegah anemia pada calon ibu dan juga janin. Mereka juga menyebabkan peningkatan pada otot rahim, memungkinkannya membesar dengan cara yang halus.

Kurma juga memperbaiki ASI dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk itu. Mereka mencegah perdarahan segera setelah melahirkan.


10. Pengobatan Intoksikasi

Alkoholisme adalah masalah yang akan menghancurkan peminum .Buah Kurma adalah perawatan yang hebat untuk keracunan alkohol, menawarkan kesembuhan secara cepat. 


11. Memelihara Kesehatan Kulit

Buah kurma merah penuh dengan vitamin C dan flavonoid, yang dapat memperbaiki elastisitas kulit Anda dan memperkaya jaringan subkutan, sehingga membuat kulit Anda lembut. 

Kurma juga mengandung vitamin B5 yang membantu dalam mencegah masalah kulit seperti stretch mark.


12. Memperlambat Penuaan

Kurma adalah sumber antioksidan yang kaya, yang dapat secara efektif melawan radikal bebas berbahaya di tubuh, sehingga mencegah penuaan dini pada kulit. 

Vitamin C, khususnya, membantu mengurangi terjadinya keriput dengan cara melawan oksidasi dan mencegah akumulasi melanin di dalam tubuh manusia.


13. Menjaga Kesehatan Rambut

Kurma sangat banyak mengandung vitamin, terutama vitamin B5, yang sangat vital untuk perawatan rambut sehat.

Kekurangan vitamin ini bisa menyebabkan masalah rambut seperti rambut rontok, rambut rapuh dan ujung pecah. 

Konsumsi kurma dapat membantu meminimalkan masalah ini.

14. Menjaga Kesehatan Tulang

Adanya nikotin pada buah kurma dapat menghambat pertumbuhan organisme patologis yang berbahaya dan mendorong pertumbuhan Menjaga Kesehatan Tulang Kita

Ternyata buah kurma ini banyak mengandung mineral dan mineral ini sangat berguna buat tubuh kita, diantaranya adalah untuk tulang kita.

Beberapa mineral yang terdapat pada buah kurma adalah seperti Mangan, Selenium,Tembaga, Magnesium.

Dan mineral ini sangat berguna dalam mengatasi Osteoporosis,yaitu keadaan tulang yang mengalami pengeroposan.

Mengkonsumsi buah kurma bisa membuat tulang menjadi kuat, terutama bagi orang yang sedang lanjut usia.


15. Mencegah Penyakit Kanker 

Mengkonsumsi buah kurma secara rutin bisa mencegah penyakit kanker. Beberapa Jenis penyakit kanker perut yang bisa dicegah oleh buah kurma ini diantaranya adalah Kanker Ginjal,Kanker Rahim,Kanker Pankreas,Kanker Usus besar,kanker Ovarium,kanker perut.

Buah kurma ini berdasarkan penelitan bekerja dengan cara mencegah dan mengurangi resiko penyakit tersebut sekaligus menyediakan energy tambahan buat tubuh.

Jadi tidak ada alasan lagi kita malas mengkonsumsi buah kurma ini.


16. Mengobati Gangguan Pada Usus

bakteri baik di usus. Selain itu buah kurma mengandung serat larut dan tidak larut, serta asam amino yang bermanfaat bagi tubuh kita.Sehingga menyebabkan penyerapan nutrisi secara penuh oleh saluran pencernaan.


14. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Mengkonsumsi Buah kurma juga bisa menjaga kesehatan system syaraf kita loh….yaitu sistem saraf pusat dan sistem saraf perifer. 

Kurma adalah sumber vitamin yang baik yang meningkatkan kesehatan dan fungsi sistem saraf manusia. 

Kandungan kalium melimpah buah kurma bekerja untuk meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan otak. 

Kalium, yang merupakan unsur vital sel dan cairan tubuh, juga mengendalikan detak jantung dan tingkat tekanan darah tubuh, sehingga mencegah penyakit jantung koroner dan stroke jantung.


17. Baik Untuk Kesehatan Jantung Kita

Buah Kurma yang direndam di malam hari dan kemudian  menjadi hancur di pagi hari sangat bermanfaat bagi jantung yang lemah. Bila dikonsumsi dua kali dalam seminggu mampu untuk menjaga kesehatan jantung kita.

Buah Kurma juga merupakan sumber potasium yang kaya yang telah terbukti dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung lainnya dan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh.

Demikianlah artikel singkat ini semoga bermanfaat, jika ada kesalahan pada Ide dan penulisan saya mohon maaf.
Sumber Info : healthbeckon.com



Related Post



Posting Komentar